Kamis, 16 Mei 2019

Tepung Beras, Alternatif Tepung Yang Bebas Gluten

Tepung Beras, Pilihan Tepung Yang Leluasa Gluten
Bagi mereka yang alergi gluten, tepung beras adalah pilihan untuk mengganti tepung terigu. Gluten adalah kumpulan protein yang tersedia dalam tepung terigu yang tak sedikit dipakai sebagai bahan makanan. Orang yang mengalami intoleransi kepada tepung yang satu ini wajib mencari pengganti tepung. Salah satu yang bisa dipilih adalah tepung beras. Semacam halnya kegunaaan beras ketan hitam tepung beras bisa dibangun dari beras ketan juga.

Tepung Beras, Alternatif Tepung Yang Bebas Gluten

Sesuai dengan namanya, tepung beras adalah tepung yang terbuat dari beras dengan proses penggilingan dan bisa dipakai menjadi beberapa olahan makanan lezat. Tepung beras disebut sebagai makanan yang ada kaitannya dengan penyakit celiac, penyakit autoimun yang menyerang saluran pencernaan. Orang dengan penyakit celiac wajib menghindari makanan yang mengandung gluten sebab bisa merusak lapisan usus halus. Apabila mengonsumsinya, maka bakal terjadi persoalan berupa gangguan penyerapan makanan.

Tidak hanya tepung terigu, makanan yang butuh dihindari oleh penderita celiac adalah barley dan gandum hitam. Tidak hanya memakai tepung beras, Kamu juga bisa mengganti tepung terigu dengan tepung kedelai, tepung pati kentang, tepung jagung, alias tepung tapioka.

Berikut bakal kita berbagi tutorial membikin tepung beras.
-Siapkan beras 1 hingga 4 cangkir.
-Giling memakai blender hingga menjadi tepung.
-Gunakan tepung beras untuk bahan beberapa macam resep makanan.
-Apabila tetap ada sisa, bisa disimpan di dalam wadah kedap udara supaya tak mudah jamuran. Bisa juga disimpan di dalam freezer tetapi dengan memakai wadah kedap udara.
-Apabila penyimpanan diperbuat dengan baik, tepung beras tak bakal mudah rusak dan bisa dipakai kapanpun.

Berikut pilihan yang bisa Kamu perbuat dalam membikin penganan tepung beras:
1.Nyalakan api kecil, simpan panci di atasnya. Masukkan garam, santan kental, dan daun pandan lalu aduk hingga mendidih. Tiriskan.
2.Masukkan tepung beras, tepung sagu, dan gula putih dalam wadah lain yang lebih besar, aduk hingga rata.
3.Masukkan santan yang telah ditiriskan ke dalam campuran tepung beras dengan cara perlahan. Uleni hingga rata.
4.Bagi adonan menjadi beberapa tahap, beri pewarna makanan secukupnya. Kamu bisa memakai pewarna alamiah supaya lebih aman.
5.Panaskan kukusan alias panci dengan api sedang, lalu siapkan cetakan kue lapis, oles cetakan dengan mentega.
6.Masukkan adonan lapisan pertama, kukus hingga setegah matang, lalu masukkan adonan lapisan selanjutnya. Ulangi proses hingga semua adonan habis.
7.Kukus hingga adonan sangatlah matang.
8.Angkat dan dinginkan, kemudian potong kue  sesuai selera.